Wow…! Dirdik KPK Tuding Ada Penyidik Potong Video Pemeriksaan Miryam

Seruindonesia.com Direktur Penyidikan KPK Brigjen Aris Budiman menjelaskan dugaan video pemeriksaan Miryam S Haryani yang diputar di persidangan diarahkan kepada dirinya. Aris menyebut video tersebut dipotong untuk ‘menyerang’ dirinya.

“Yang disiarkan di persidangan, ada terpotong-potong semuanya. Ada penyidik yang datang ke JPU nya, mereka jelaskan pada saya ‘putarkan yang independen, biar tahu siapa yang independen’,” ungkap Aris di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

“Lalu yang di dalam video Bu Miryam dia mengatakan independen, kan dia tanya ke situ, itu kan dipotong-potong semuanya. Saat itu dijelaskan, dia tahu betul ada yang jelaskan direktur, itu bukan daftar nama. Itu surat panggilan yang atas nama saya,” sambungnya.

Lantas, Wakil Ketua Pansus Hak Angket KPK Masinton Pasaribu menanyakan soal video pemeriksaan Miryam yang dipotong.

“Yang diputar di sidang dipotong-potong?” tanya Masinton.

“Ya, diperdengarkan di sidang,” jawab Aris.

Masinton juga mencecar Aris apakah ada dugaan pemberian keterangan palsu dalam video yang diputar. Aris enggan menjawab.

“Saya tak ingin memberikan komentar. Ini kan luar biasa, dituduh TV nasional saya ditunjuk foto direktur ketemu DPR berulangkali. Itu pembunuhan karakter luar biasa. Satupun anggota DPR tak ada yang saya kenal. Itu dipotong, saya diincar,” papar Aris.

Menimpali hal tersebut, Anggota Pansus Hak Angket KPK Bambang Soesatyo meminta pimpinan Pansus menyita rekaman utuh pemeriksaan Miryam. Ia menilai ada rekayasa di balik video itu.

“Surat penyitaan dokumen utuh dokumen utuh tolong diuber. Potongan itu rekayasa. Karena tak gambarkan yang sebenarnya,” cetus Bambang.

Baca juga: Direktur Penyidikan KPK secara Resmi Laporkan Pidana Novel Baswedan ke Bareskrim Polri

Aris Budiman kemudian mengatakan, ada pihak yang ingin memotong video pemeriksaan Miryam S Haryani untuk diarahkan kepada dirinya. Ia mengungkapkan pemotongan video itu atas permintaan salah satu penyidik KPK.

Baca juga: Ini Kesimpulan Pansus KPK setelah hadirkan Direktur Penyidikan KPK di DPR

“Jadi begini, konteksnya sudah dipilih Jaksa Penuntut Umum sekuel mana yang akan ditampilkan. Kemudian, ada salah satu penyidik akan diperiksa sebagai saksi di dalam persidangan itu datang tampilkan yang ada independen kita liat siapa yang independen,” ujar Aris.

Baca juga: Wow…! Brigjen Aris Sebut Ada Penyidik KPK Bocorkan Data Korupsi e-KTP

Dalam video yang diputar di persidangan, Miryam terlihat memberikan secarik kertas kepada penyidik KPK dalam video, Novel Baswedan. Kemudian ada kalimat ‘direktur’ yang terlontarkan dari Novel.

Baca juga: Aris Budiman Sebut Nama Novel Baswedan di Rapat Angket KPK

“Kan seperti itu, itu tidak ada sekuel yang dipilih JPU KPK tapi itu ditonjolkan. Artinya, secara pribadi ingin menampilkan itu, dan dia tahu betul itu ada saya dan disebutkan,” lanjut Aris.

Namun, Aris enggan membeberkan siapa penyidik yang meminta video pemeriksaan Miryam dipotong. Yang jelas, ia sudah melaporkan ke pengawas internal KPK dan polisi.

“Salah satu penyidik, saya tidak ingin menyebutkan saya laporkan ke pengawas KPK dan sudah saya laporkan ke Polri,” ucap dia.

Sumber: detik.com

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 13296 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video