Kapolda Metro Jaya : Situasi Jakarta Aman dan Terkendali, Menyusul HOAX terkait Seminar PKI

Seruindonesia.com – Kapolda Metro Jaya, Irjen Polisi Idham Azis menegaskan situasi Kamtibmas di Jakarta akan dan terkendali menyusul sekelompok massa yang hendak menyerang kantor YLBHI di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Jenderal bintang dua tersebut menegaskan setelah datang ke YLBHI Jakarta Irjen Idham memastikan kondusi sudah kondusif dan aman.

“Saya ingin memberikan keyakinan kepada seluruh masyarakat Jakarta, bahwa situasi Jakarta dalam keadaan aman dan terkendali,” ucap Irjen Idham di lokasi sekitar pukul 03.15 WIB, Senin (18/9).

Mantan Kadiv Propam Mabes Polri ini menjelaskan, massa dari beberapa elemen masyarakat itu berkumpul sekitar pukul 23.00 WIB, hendak masuk ke kantor LBH Jakarta karena mereka menduga ada seminar terkait PKI, padahal tidak ada.

“Setelah kita ketemu dengan tokoh-tokohnya, mereka semua bisa menyadari, namun setelah mereka kembali. Ada sebagian dari orang-orang ini yang memprovokasi tetap berusaha untuk merangsek masuk ke dalam kantor YLBHI.
Sehingga petugas mengambil tindakan persuasif untuk mengingatkan kepada massa agar tidak melakukan tindakan anarkis dan memaksakan kehendak untuk masuk ke kantor,” ujar Kapolda.

Baca juga: Insiden Bentrok Massa, LBH YLBHI Ucapkan Terima Kasih Polri-TNI

Idham mengatakan massa justru merespons anarkis imbauan polisi agar membubarkan diri itu. Mereka justru melempari polisi dengan batu yang menyebabkan beberapa anggota polisi terluka.

“Alhamdulillah tadi sekitar pukul 02.00 WIB seluruh massa yang tadinya berusaha masuk memaksakan kehendak ke dalam kantor YLBHI, bisa kita kendalikan dan suasana Jakarta alhamdulillah dapat terkendali, aman,” ucap Idham.

Idham mengatakan para peserta diskusi saat ini dievakuasi ke Komnas HAM untuk mendapat perlindungan baik dari polisi maupun TNI.

“Tadi ada Bapak Ketua Komnas HAM di sini ini juga, ada komisioner. Jadi kita sedang lakukan seperti itu (evakuasi),” tuturnya.

“Karena prinsipnya kita, bagaimana orang yang ada di dalam kantor diselamatkan, kemudian kita mengimbau massa untuk tidak melakukan perbuatan atau tindakan anarkis,” tutup Idham.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 13140 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video