BPBD Kerahkan Helikopter Padamkan Api Di Daha

Seruindonesia.com –┬áBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Kalimantan Selatan, mengerahkan satu unit helikopter untuk memadamkan dua titik api yang terjadi di Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik Hulu Sungai Selatan Efran di Kandangan Minggu (1/10), mengatakan, helikopter tersebut dioperasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana dilakukan atas laporan dari daerah.

“Pemadaman dengan helikopter ini karena kondisi di lapangan sulit terjangkau dengan jalur darat, dan tidak ada air terdekat untuk memadamkan api,” katanya.

Dijelaskan kondisi lahan yang ditemukan dua titik api di Desa Siang Gantung, Kecamatan Daha Barat berupa rawa dan padang belukar.

Helikopter tiba di lokasi langsung melakukan water bombing sebanyak 26 kali dengan 130.000 liter air di titik api yang terluas dan terlebar.

Namun dikarenakan helikopter harus terbang secara visual (day light) maka pilot memutuskan untuk kembali karena hari sudah terlalu sore.

Pada saat helikopter meninggalkan lokasi, titik api yang pertama sudah dapat dipadamkan, namun titik api yang kedua masih belum padam.

Sebelumnya, Rabu (27/9) juga dilakukan pemadaman 14 titik api yang berada di Kecamatan Daha Barat, dengan water bombing sebanyak 41 kali.

Untuk mengantisipasi dan penangangan kebakaran, anggota Tim Reaksi Cepat (TRC), Satgas BPBD, Posko-Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan (Dalkarlahut) Kabupaten Hulu Sungai Selatan terus memantau daerah yang berpotensi bencana dan kebakaran hutan, lahan dan melaporkan perkembangan di lapangan.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 13131 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video