Banyak Wanita Sukses Bisnis Restoran, Ini Pelajaran Dari Mereka

Seruindonesia.com – Wanita memang identik dengan kegiatan memasak.

National Restaurant Association (NRA) pun mengungkap bahwa lebih dari 50 persen restoran terkenal ternyata didirikan dan dikelola oleh wanita.

Industri restoran atau kuliner harus diakui punya tingkat kesulitan dan peluang gagal yang cukup tinggi.

Namun, banyak wanita yang sukses melalui tantangan tersebut.

Jika Anda adalah pebisnis wanita yang ingin mencoba terjun ke bisnis kuliner, baca beberapa hal yang bisa Anda pelajari dari para wanita pebisnis kuliner sukses berikut.

1. Pastikan bisnis restoran sesuai dengan diri

Hal pertama ini wajib diketahui. Sebagai pemilik, Anda harus bisa memecahkan masalah yang pasti selalu muncul setiap hari. Pastikan dulu kamu bisa dan siap menghadapi tantangan dari bisnis yang punya tingkat stres tinggi ini.

2. Miliki keterampilan (skill)

Banyak orang ingin memulai restoran karena hobi memasak. Sayangnya, untuk membuka bisnis restoran, tak cukup dengan memiliki kemampuan memasak saja. Kemampuan mengelola keuangan pun menjadi hal wajib.

Apalagi, pembukuan restoran sangat rumit, ada banyak aturan yang perlu diikuti dan dipahami, mulai dari pajak, premi asuransi, dan lainnya. Oleh karena itu, sebelum membuka restoran, pahami dulu arus kas dan laporan laba rugi.

Alat keuangan tersebut akan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang baik. Jika belum memiliki keterampilan itu, ambil kursus terlebih dahulu agar lebih siap menjadi pemilik bisnis.

3. Pahamicara menangani konflik

Sebagai pemimpin, wanita punya keunggulan dibanding pria. Wanita lebih berempati dan perhatian pada karyawan serta mampu membangun suasana kekeluargaan. Namun ketika harus membuat keputusan seperti memotong gaji atau mengeluarkan seseorang, tentu akan berbeda. Karenanya, Anda perlu menemukan keseimbangan antara empati alami terhadap orang lain dan melakukan apa yang terbaik untuk bisnis.

4. Miliki rencana bisnis yang jelas

Karena ada banyak program keuangan khusus pengusaha wanita, penting memiliki rencana bisnis saat pergi ke bank atau perusahaan pembiayaan usaha kecil. Ini mencakup biaya awal, anggaran tahunan dan proyeksi penjualan.

Membuat rencana bisnis bisa memakan waktu lama. Hasil akhirnya akan membantu memberi gambaran yang jelas tentang cara membuat restoran sukses. Bila Anda tak mau meluangkan waktu menulis rencana untuk restoran baru, akan sulit membangun restoran.

Dalam proses penulisan rencana bisnis, identifikasi kemungkinan risiko yang ada seperti persaingan lokal dengan menu dan harga serupa. Mengetahui informasi tersebut di tahap perencanaan memungkinkan Anda menyesuaikan konsep yang dibutuhkan.

5. Mengelola tenaga kerja

Wanita pandai ber-multitasking, tapi tak pandai mendelegasikan pekerjaan. Di restoran yang sibuk, Anda tak bisa melakukan semuanya sendiri. Mulailah belajar mendelegasikan pekerjaan agar pekerjaan lebih efisien. Bila dilakukan dengan benar, ini akan menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang.

6. Gunakan teknologi

Seperti outsourcing, teknologi bisa menghemat banyak uang dan waktu. Misalnya, menggunakan sistem POS atau iPad POS System akan membuat pelacakan penjualan menjadi mudah. Sistem ini juga membuat transaksi dengan kartu kredit lebih aman.

7. Memiliki jaringan pendukung

Area lain yang bisa dimanfaatkan adalah membangun jaringan pendukung untuk diri sendiri. Hal ini bisa dilakukan melalui keluarga, teman atau melalui asosiasi bisnis kecil atau asosiasi bisnis wanita. Anda tak akan pernah tahu kapan membutuhkan bantuan mereka.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 2916 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video

Jadikan Komentar yg Pertama

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan.


*