Yogyakarta Pertahankan Predikat Pelayanan Publik Terbaik

Seruindonesia.com –┬áPemerintah Kota Yogyakarta berhasil mempertahankan predikat sebagai kota dengan pelayanan publik terbaik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

“Yogyakarta memperoleh nilai sangat baik untuk pelayanan publik. Penilaian dilakukan terhadap tiga pelayanan publik dasar,” kata Kepala Bagian Organisasi Pemerintah Kota Yogyakarta Kris Sardjono Sutedjo di Yogyakarta, Kamis.

Ketiga pelayanan publik dasar tersebut meliputi pelayanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pelayanan kesehatan oleh Rumah Sakit Jogja dan pelayanan perizinan usaha yang diampu oleh Dinas Perizinan dan Penanaman Modal.

“Penilaian dilakukan terhadap standar operasional presedur, kelengkapan sarana dan prasarana hingga layanan terhadap aduan yang masuk,” katanya.

Kris menyebut, pemberian penghargaan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi baru dilakukan untuk kedua kalinya pada tahun ini dengan objek penilaian yang sama yaitu tiga pelayanan dasar.

“Jika seluruh pelayanan publik dinilai, maka kami tetap optimistis bahwa pelayanan yang kami berikan kepada masyarakat juga memperoleh nilai yang baik,” katanya.

Pada tahun lalu, Kota Yogyakarta menyandang predikat terbaik bersama Kota Semarang. Sedangkan pada tahun ini penerima penghargaan bertambah menjadi lima kota yaitu Yogyakarta, Semarang, Balikpapan, Palembang dan Makassar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Sisruwadi mengatakan, terus berupaya meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan terhadap warga kota.

Salah satu inovasi layanan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta adalah layanan “3 in 1” yaitu memberikan tiga dokumen kependudukan sekaligus dengan satu pengajuan, khusus untuk kelahiran baru.

Ketiga dokumen tersebut meliputi kartu keluarga, akta kelahiran dan kartu identitas anak.

Sebelumnya, warga harus mengurus satu per satu dokumen kependudukan, mulai dari perubahan di kartu keluarga, dilanjutkan pengurusan akta kelahiran baru kemudian mengurus kartu identitas anak.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 12483 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video