Polisi Masih Kejar 4 Anggota Jaringan Hacker Internasional di Surabaya

Seruindonesia.com – Subdit IV Cyber Crime Ditresskrimsus Polda Metro Jaya telah menangkap dua dari enam anggota kelompok peretas bernama jaringan SBH asal Surabaya, Jawa Timur. Mereka adalah KPS dan NA warga Kota Surabaya, Jawa Timur.

“Mereka kami tangkap pada hari Minggu (11/3) di Surabaya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada kumparan (kumparan.com), Selasa (12/3).

Argo mengatakan saat ini pihaknya masih mengejar empat orang anggota jaringan SBH lainnya. Diduga, mereka masih berada di sekitaran daerah Surabaya, Jawa Timur.

“Jadi kita target ada enam orang, tapi yang berhasil ditangkap ada dua. Empat orang lagi masih dalam pengejaran. Berdasarkan informasi yang kami dapat dari FBI dan IC3 mereka semua ada di Surabaya,” ucap Argo.
Baca Juga

Peretas yang Ditangkap Polisi dan FBI Pakai Bitcoin untuk Tampung Uang
Polisi dan FBI Tangkap Peretas Jaringan Internasional asal Surabaya
Selain Sebar Hoaks, Mantan Wartawan Ini Juga Hack Akun FB Orang Lain
Argo juga mengatakan, sampai saat ini polisi masih terus melakukan penyelidikan dan pemeriksaan kepada dua tersangka yang telah diamankan di Polres Surabaya.

Polisi juga masih mencari motif dari para tersangka dalam melakukan aksi peretasan tersebut.
“Dugaan awal karena faktor ekonomi, tapi masih kita dalami,” ucap Argo.

KPS, salah satu tersangka yang telah diamankan diketahui merupakan pendiri dari jaringan SBH ini. KPS bersama dengan NA diketahui sudah meretas sekiar 1.200 laman atau website baik di Indonesia maupun luar negeri.

Polda Metro Jaya bekerjasama dengan FBI mengungkap jaringan peretas sitem elektronik pada Senin (12/3). Jaringan tersebut diduga telah meretas 3.000 sistem elektronik di 40 negara.

Dalam menjalankan aksinya, mereka berusaha mendapatkan informasi elektronik atau dokumen pribadi milik korban dengan cara menjebol sistem pengamanan.

Setelah itu, para pelaku mengancam akan menyebarkan informasi milik korban kepada publik apabila tidak membayar sejumlah uang tembusan kepada para pelaku.

Sumber: kumparan.com

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 7068 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video