HM Prasetyo Minta KPK Tidak Perlu ‘Cemen’ Soal Pasal Korupsi di RKUHP

Seruindonesia.com – Jaksa Agung HM Prasetyo meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak perlu bereaksi secara berlebihan dalam menyikapi masuknya pasal korupsi dalam Revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

Bahkan Prasetyo menegaskan, jika dicermati secara komprehensif dalam RKUHP sama sekali tidak dijumpai upaya untuk melemahkan lembaga anti rasuah tersebut.

Sebab menurut Prasetyo, penegakan hukum itu tergantung pada pelaksananya. Meskipun undang-undangnya kurang sempurna, kalau penegak hukumnya bagus maka hasilnya akan bagus pula. Itulah sebabnya Prasetyo meminta KPK merespon positif RKUHP yang sedang dalam pembahasan antara pemerintah dan DPR

“Sebaliknya, undang-undangnya bagus tapi pelaksananya tidak baik ya tentunya nilainya juga berkurang,” ujar Prasetyo di Kompleks Kejagung, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Karena itu, Prasetyo meminta KPK tak perlu khawatir terhadap penyertaan Pasal Tipikor pada RKUHP. “Itu tentunya tidak mengurangi nilai kewenangan dan kapasitas dari KPK. Berarti mereka tidak harus merasa khawatir apa pun, artinya jangan khawatir,” kata Prasetyo.

Prasetyo juga meminta kepada seluruh pihak untuk menghormati upaya DPR dalam menyelesaikan RKUHP. Semua pihak kata Prasetyo tentu ingin yang terbaik dalam pemberantasan korupsi di tanah air.

“Jadi nggak usah khawatir dulu deh itu seperti apa nanti. Kalau misalnya ada yang merasa kurang puas, kan bisa diajukan ke Mahkamah Konstitusi, nantinya masih bisa diuji,” ucap Prasetyo.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 7068 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video