Amien Rais Siap Nyapres, Siapa Yang Dukung

Seruindonesia.com – Senior PAN Amien Rais siap nyapres. Namun hingga kini belum jelas betul partai-partai mana saja yang bersedia mengusung Mbah Amien.

Jelas, PAN tak bisa seorang diri mengusung sang senior. Soalnya suara PAN yang 8,57% di DPR belum cukup untuk memenuhi ambang batas pencapresan, yakni 20 persen suara di DPR dan 25 persen suara sah Pemilu.

Artinya butuh 19 persen suara lagi supaya PAN bisa mencapreskan calonnya. Tentu saja partai-partai yang digandeng juga harus sepakat mengusung Amien Rais. Terlebih di internal PAN sendiri, Amien Rais bukanlah kandidat satu-satunya, masih ada nama Ketua Umum Zulkifli Hasan dan dua mantan Ketum PAN yakni Hatta Rajasa dan Soetrisno Bachir.

“Nama Amien Rais belum pernah masuk dalam pembahasan di internal partai. Terlebih, ini kan baru dinyatakan Amien Rais (masuk bursa capres),” kata Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, kepada detikcom, Senin (11/6/2018).

“Kalau keesiapan saya pikir banyak orang yang siap. Tetapi syarat di presidential threshold itu kan sangat membebani dan berat. Ini kan yang tidak mudah,” tanggap Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum PD Ferdinand Hutahaean kepada wartawan, Minggu (10/6/2018).

Partai Gerindra, pemilik 13,04% suara parlemen, adalah parpol yang selama ini dekat dengan PAN. Sebagaimana diketahui, Partai Gerindra sudah punya rencana untuk mencapreskan Ketua Umumnya, Prabowo Subianto. Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade memandang rencana Amien sebagai penggunaan hak politik saja.

“Kalau saya menganggap itu hak konstitusi Pak Amien dan PAN. Kita hormati itu,” ujar Andre, Minggu (10/6/2018).

Namun demikian, peluang Amien untuk maju ke Pilpres 2019 tak tertutup sepenuhnya. Gerindra masih membuka kemungkinan bila Amien berkenan maju sebagai cawapres untuk mendampingi Prabowo. Amien dan nama-nama lainnya bisa dipertimbangkan jadi cawapres

“Kalau bicara siapa pendamping Pak Prabowo, semua harus dirundingkan. Tak hanya Pak Amien, mau Bang Zul, 9 nama PKS, Mas AHY, Mas Anies, Pak Gatot, siapa pun,” kata Andre.

PKS merupakan partai pendukung Prabowo pula. Dalam konstelasi politik, PKS yang punya 7,14% suara di DPR ini juga sering seiring sejalan dengan PAN. Namun PKS juga tak langsung mau mengusung Amien. PKS punya sembilan nama calon presiden-calon wakil presiden sendiri yang sedang diperjuangkan.

Saat dimintai tanggapan soal niatan Mbah Amien nyapres, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai orang-orang yang lebih muda perlu diberi kesempatan memimpin.

“Akan jauh lebih baik jika kita memberikan kesempatan pada yang muda untuk memimpin bangsa,” kata Mardani, Senin (11/6/2018).

PAN, Gerindra, dan PKS adalah partai-partai pro-Prabowo Subianto. Ada pula Partai Demokrat yang sampai sekarang belum menentukan arah dukungan pencarpesannya. Partai Demokrat juga belum pernah membicarakan Amien Rais dalam konteks Pilpres.

Ada pula partai-partai yang cenderung pro-Jokowi, ikut mengomentari kesiapan Amien untuk nyapres. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menduga sebenarnya kekuatan Amien lebih dari Prabowo Subianto. Golkar yang selama ini jelas-jelas mendukung Jokowi tak mau mengusung Amien Rais. Partai Hanura memandang bagaimanapun juga, Jokowi adalah capres yang paling siap untuk maju di Pilres 2019, Amien dan kandidat lain dinilainya cuma ongkang-ongkang dan sulit menang.

Partai NasDem justru memandang pernyataan kesiapan Amien Rais bisa memperunyam koalisi penantang Jokowi. Soalnya koalisi penantang Jokowi sebenarnya belum resmi terbentuk.

“Itu semua pernyataan lucu-lucuan. Kenapa? Karena itu menambah rumitnya dan menambah bingung situasi koalisi itu sendiri. Koalisi belum terbentuk, membuat tambah rumit koalisi sebelah,” ujar Sekjen NasDem Johnny G Plate kepada wartawan, Minggu (10/6/2018).

sumber: Detik.com

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 8334 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video