Hoax Berita Brimob di Tusuk di Mall Graha Cijantung, Berita tahun 2017

Seruindonesia.com –  Pesan singkat yang ramai beredar di media sosial yang berbunyi 3 org anggota brimob d aniaya d belakang graha Cijantung, 2 meninggal 1 mah d ICU RS Cijantung.

Saat dilakukan penelusuran oleh team seruindonesia di beberapa media ternyata berita yang beredar beredar di media sosial tersebut merupakan kejadian tahun 2017.

Saat ini banyak sekali informasi-informasi yang dibuat seolah olah asli dan beredar di grop whatshapp namun saat dilakukan kroscek ternyata info yang beredar tersebut HOAX atau palsu.

Bijaklah Dalam Menggunakan Media Sosial Karena Medsosmu adalah Pedang, Media Sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. (Source : Wikipedia)

Menggunakan media sosial dengan bijak adalah salah satu langkah kongkrit untuk kita semua agar Bangsa Indonesia tidak mudah untuk diprovokasi dan dipecah belah menggunakan informasi – informasi yang tidak benar (hoax) maupun isu – isu yang dapat merugikan Bangsa dan Negara. Disamping itu menggunakan media sosial dengan bijak juga dapat membuat kita terhindar dari jeratan UU ITE yang baru saja diresmikan dan tentunya akan membuat hidup kita lebih damai dan indah. Untuk menggunakan media sosial dengan bijak ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :

  • Jangan Posting Sembarangan

Sejatinya posting apapun dimedia sosial merupakan hak asasi semua orang namun ada baiknya jangan memposting sembarangan karena kita tidak tahu apakah postingan kita yang sembarangan itu akan membuat orang lain tersakiti atau menyinggung perasaan orang lain.

  • Kenali Teman – Teman Media Sosialmu

Mengenal teman – teman sosial media kita adalah suatu keharusan karena dengan mengenal mereka kita dapat berinteraksi dengan baik dan menjauhkan kita dari orang – orang yang sering memprovokasi melalui media sosial serta menjaga privasi kita untuk tidak diketahui orang – orang yang tidak kita kenal.

  • Jangan Asal Share Berita di Media Sosial

Kebanyakan orang malas membaca isi berita karena kebanyakan dari mereka hanya membaca judul berita lalu kemudian menshare berita itu dengan sangat mudah, sebenarnya itu adalah hal yang tidak bijak karena belum tentu judul berita akan sesuai dengan isi berita tersebut. Ada baiknya sebelum menshare suatu berita kita baca dengan cermat dulu isi berita itu dan pastikan berita tersebut tidak ada unsur kepentingan yang bisa merugikan beberapa pihak dan menguntungkan pihak lain.

  • Jangan Sok Tahu Segalanya

Nah hal yang satu ini merupakan sifat yang menurut saya sangat tidak baik karena sejatinya media sosial adalah tempat kita untuk saling bertukar pikiran dan berdiskusi dan jangan sekali – kali memposting status seperti orang yang tahu segalanya dan mengatakan pendapat orang lain salah karena belum tentu pendapatmu benar.

  • Jangan Menyinggung Unsur SARA

SARA merupakan suatu isu yang sangat sensitif di Indonesia karena di Indonesia penuh dengan keberagaman yang membuat isu sara merupakan senjata ampuh untuk memecah belah kesatuan dan persatuan Bangsa dan hendaknya sebagai pengguna media sosial yang bijak jangan sekali kali kita menyinggung isu sara apalagi sampai menghina agama, ras maupun golongan orang lain dengan media sosial kita.

Baiklah, itu tadi beberapa yang dapat kita lakukan untuk menggunakan media sosial secara bijak, ada baiknya kita menggunakan media sosial untuk hal – hal yang lebih bermanfaat ketimbang harus berdebat dan bertengkar dimedia sosial dikarenakan postingan media sosial kita. (Mahriansyah)

 

 

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 7068 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video