Polisi Berencana Berlakukan Sistem One Way dari Cikarang-Tegal

Seruindonesia.com – One Way Taraffic kini tengah diberlakukan dari ruas Tol Cipali-Palamanan. Secara bertahap one way traffic ini akan diberlakukan dari Cikarang Utama sampai exit tol Kertasari, Tegal.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan hal ini dilakukan karena sudah terjadi kepadatan yang menumpuk di beberapa titik di ruas tol Jakarta sampai tol fungsional. Rencananya satu jalur ini dibuka sepanjang 240 km sampai Tegal, namun belum diketahui kapan sistem ini akan dilakukan.

“Lalu lintas satu arah ini adalah upaya paling terakhir setelah dilakukan beberapa kali atau titik Contraflow di spot spot tertentu rasanya kurang, makanya kami lakukan one way traffic dari Cikarang Utama hingga Tegal Kabupaten kalo di hitung 240 Km,” ujarnya di KM 138 ruas tol Cipali, Rabu (13/6/2018).

Royke mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan aparat kepolisian daerah untuk mengatur jalur satu arah ini. Kini one way traffic sudah diberlakukan dari KM 38 Tol Cipali sampai Gate Palimanan.

“Tapi one way traffic diberlakukan sementara dari KM 82 (tol Cipali) sampai ke Tegal, nanti setelah ini kita akan buka gate tol Cikarang Utama untuk sambung,” ucapnya.

Saat dibuka one way traffic, tentunya arus kendaraan akan mengalir deras sehingga rawan terjadi penumpukan kendaraan. Untuk mengupayakan penumpukan kendaraan Royke menjelaskan akan diaturnya sistem buka tutup pintu gerbang.

Hal ini dilakukan untuk mengendalikan arus kendaraan yang melaju ke arah Jawa.

“Namun kita sudah antisipasi di arah timur agar tidak terjadi kepadatan dengan cara kami mengatur dengan cara membuka tutup gardu Palimanan, kalo terlalu banyak yang ke arah timur akan dikurangi Gate Palimanan,” kata Royke.

“Jika di Gate Kertasarinya kondusif kita akan tambah lagi Gate Palimanan,” lanjutnya.

Sementara itu, dari arah sebaliknya mobil yang akan mengarah ke Jakarta akan dilewatkan melalui Pantura.

“Yang mengarah dari Palimanan ke Jakarta akan di arahkan melalui arteri, Ini tidak tiba-tiba seperti ini, ada perencanaan dan koordinasi dengan Kapolres setempat,” ucapnya.

Terkait waktunya, One way traffic ini belum diketahui akan dibuka sampai kapan. Tergantung situasi arus kendaraan.

“Jika sudah terurai, kita normalkan kembali,” tutupnya.

Sumber: detik.com

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 9512 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video