Mobil Dinas Donald Trump Hanya Bisa Dibuka oleh Anggota Secret Service

Seruindonesia.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memberikan keistimewaan kepada Kim Jong-un untuk melihat kabin mobil dinasnya, The Beast, menjadi salah satu sejarah tersendiri. Sebab, tidak banyak pemimpin negara yang bisa melihat kabin mobil dinas Presiden AS tersebut.

Seperti dikutip Autoevolution, Rabu (13/6/2018), untuk membuka pintu mobil Cadillac One tersebut hanya bisa dilakukan oleh beberapa anggota pengawal Presiden Donald Trump atau yang dikenal sebagai Kesatuan Secret Service.

Bisa dibayangkan keamanan sebuah kendaraan mobil orang nomor 1 di Negeri Paman Sam tersebut dijaga dengan sangat ketat. Kelebihan lain adalah mobil ini tahan peluru dan mampu menahan serangan bom dari bagian bawahnya.

Di dalam kabin mobil juga disiapkan stok darah dengan golongan sama dari Donald Trump. Tujuannya agar ketika terjadi sesuatu hal, proses penyelamatan nyawa Presiden bisa segera dilakukan.

Pintunya saja memiliki ketebalan 20 sentimeter, sama seperti pintu pesawat Boeing 747. Tak hanya itu, kabinnya juga dilengkapi seal untuk melindungi penumpang dari serangan senjata kimia dan biologi.

Kemudian di mobil The Beast juga terdapat tabung oksigen yang akan memasok udara segar ke kabin jika terjadi serangan udara beracun.

Kaca jendela didesain tidak bisa diturun-naikkan dan yang pasti tahan peluru. Hanya jendela di bagian pengemudi yang bisa dibuka. Itu pun hanya bisa dibuka 3 inci untuk memberi kesempatan pengemudi berbincang dengan petugas Dinas Rahasia.

Bannya menggunakan pelapis Kevlar agar tidak meledak. Kalaupun ban hancur, peleknya masih kuat menahan laju mobil agar tetap bisa berjalan di kondisi darurat.

Lebih dalam, tangki bensinnya dibuat dari bahan baja dan dilapis bahan tertentu yang dapat menghindari dari ledakan jika kendaraan mengalami kecelakaan.

Selain itu, ada pula kamera night vision, GPS, dan perangkat satelit komunikasi untuk memungkinkan kendaraan tetap melaju dalam kondisi darurat, sementara Presiden bisa berkomunikasi dengan dunia luar.

Bahkan di mobil juga tersedia cadangan darah sebanyak 2 liter yang sesuai dengan golongan darah Presiden Donald Trump jika terjadi kondisi darurat.

Meski pengamanannya sangat canggih, mobil tersebut ternyata tidak bisa berlari cepat. Mesin diesel 6,5 liter ini hanya mampu melajukan kendaraan dengan kecepatan maksimum 100 kilometer per jam. Akselerasi 0–100 km/jam bisa dicapai dalam 15 detik.

Perangkat keamanan lain seperti alat pemadam kebakaran, senjata, kacamata goggle night vision, dan peluncur gas air mata juga tersedia untuk membantu mobil keluar dari rangkaian serangan.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 9512 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video