Kampanye digelar, warga Solo bisa tukar ATM lama ke kartu berlogo GPN mulai besok

Seruindonesia.com – Ribuan warga Solo ikut memeriahkan kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang dilakukan Bank Indonesia, di simpang empat Ngarsapura, Minggu (19/8). Acara terlebih dulu diawali dengan karnaval budaya dari rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung yang berjarak sekitar 2 kilometer.

Selain dari kalangan perbankan, ratusan warga yang sedang beraktifitas di CFD (Car Free Day) Jalan Slamet Riyadi juga berbaur memeriahkan acara tersebut.

Total ada 56 bank yang berkantor di wilayah eks Karisidenan Surakarta atau tergabung dalam Sub Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jateng – Surakarta. Acara secara resmi dibuka oleh Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo didampingi Wakil Wali Kota Ahmad Purnomo.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Bandoe Widiarto mengatakan, kampanye tersebut sekaligus menandai secara resmi dimulainya layanan penukaran kartu ATM lama ke kartu baru berlogo GPN.

“Kampanye ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat Indonesia tentang kebijakan dan ekosistem GPN. Kampanye ini mengambil tema ‘Gerbang Pembayaran Nasional, Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional’. Kegiatan kampanye ini berlangsung di seluruh Indonesia,” kata Bandoe.

Menurut dia, kampanye GPN di Soloraya terdiri dari kegiatan Kick Off Kampanye GPN hari ini dan Pekan Penukaran Kartu ATM/Debit berlogo GPN pada 20 – 27 Agustus 2018. Kegiatan Kick Off Kampanye GPN hari ini berupa parade karnaval yang melibatkan seluruh perbankan se-Soloraya dan sekitar 1.000 peserta yang didukung oleh berbagai pilar utama di daerah. Di antaranya pemerintah daerah, dunia usaha, tokoh masyarakat, dan dunia pendidikan.

“Untuk melengkapi kick off pada pagi ini kami sediakan Klinik GPN dari beberapa bank. Mereka akan memberikan bantuan informasi kepada nasabah dan masyarakat yang hendak menukarkan kartunya dengan kartu GPN,” katanya.

Sementara itu untuk Pekan Penukaran kartu ATM/debit berlogo GPN pada 20 27 Agustus 2018 dilakukan dengan bekerja sama dengan 12 bank di banyak tempat strategis di Wilayah Soloraya. “Kampanye GPN ini juga bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat serta acceptance dan willingness masyarakat terhadap GPN,” jelasnya.

Bandoe menambahkan, GPN merupakan sistem yang diinisiasi oleh Bank Indonesia yang diharapkan mampu menghubungkan berbagai transaksi non tunai pada semua instrumen bank dalam satu sistem pembayaran. Sehingga mampu menciptakan interkoneksi dan interoperabilitas.

“Interkoneksi itu keterhubungan antara jaringan sistem yang satu dengan jaringan sistem lainnya. Kalau interoperabilitas, kondisi di mana instrumen pembayaran dapat digunakan pada infrastruktur lain selain dari infrastruktur penerbit instrumen yang bersangkutan, “jelasnya lagi.

Lebih lanjut Bandoe menerangkan, GPN mampu menciptakan sistem pembayaran yang lancar, aman, efisien, dan andal. Aman, karena pemrosesan transaksi domestik (off us) terhadap kartu debit yang sebelumnya masih dilakukan di luar negeri, menjadi lebih aman karena dilakukan di dalam negeri. Efisien, karena merchant (merchant discount rate) di Indonesia yang sebelumnya relatif tinggi dibandingkan dengan negara tetangga, menjadi lebih murah dengan adanya GPN. Andal, karena interkoneksi dan interoperabel. Kartu debit berlogo GPN dapat digunakan pada semua mesin EDC di seluruh Indonesia.

“Masyarakat dapat menukarkan kartu debit lamanya menjadi kartu debit berlogo GPN di kantor bank masing-masing dengan membawa antara lain KTP atau kartu identitas dan kartu debit,” katanya.

Dengan kartu berlogo GPN, lanjut Bandoe, beberapa manfaat yang didapat masyarakat, yaitu dapat digunakan untuk bertransaksi di semua mesin EDC di seluruh Indonesia. Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar, penurunan biaya pemrosesan transaksi, sehingga biaya administrasi lebih murah, dan meningkatkan perlindungan konsumen dengan pengamanan data transaksi nasabah.

Sumber: Merdeka.com

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 12307 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video