Yamaha R1 Baru Dikabarkan Pakai Seamless Girboks Sehalus Matik

Seruindonesia.com – Produsen motor Superbike selalu berusaha mengunakan teknologi terdepan pada sepeda motornya, terutama pada kapasitas 1 liter yang menjadi barometer teknologi terkini. Misalnya, Yamaha adalah yang pertama menawarkan crankshaft crossplane pada R1 pada 2009 – teknologi hanya diaplikasi pada motor balap MotoGP. Demikian pula, BMW HP4 RACE membawa sasis serat karbon yang telah dikembangkan untuk MotoGP; dan ini menghasilkan pengurangan bobot dan kekakuan saat balap.

Dari tampilan gambar paten ini, tampaknya seolah-olah Yamaha ingin menjadi yang pertama untuk menawarkan gearbox seamless yang berasal dari MotoGP pada superbike kelas literenya, YZF-R1.

Jika Anda telah menggunakan quickshifter sebelumnya, Anda akan tahu seberapa cepat peningkatan atau penurunan downshift dibandingkan seamless girboks. Para insinyur Honda di tim Repsol Honda pada 2011 menyatakan perpindahan gigi dapat menjadi lebih cepat bahkan jika itu dilakukan dalam milidetik dan perpindahannya hampir seperti transmisi matik.

Sederhananya, transmisi mulus tidak menjadi netral antara melepaskan gigi yang Anda gunakan dan gigi yang akan Anda masukan. Hal ini melibatkan rasio berikutnya sementara rasio saat ini masih berjalan. Sistem ini sangat canggih pada motor MotoGP, di mana memiliki banyak pawls kecil di dalam roda gigi yang mengunci dan membuka kunci roda gigi dalam mode ‘ratchet’. Jadi Anda dapat memiliki dua gir yang bekerja pada saat yang bersamaan, tetapi gigi yang lebih lambat lebih cepat di pawls, yang berarti tidak ada gangguan pada drive sama sekali.

Menariknya, proses itu bukan pergeseran yang lebih cepat, tetapi kelancaran pergeseran. Transmisi ini memberi mereka kepercayaan diri untuk pindah persneling bahkan saat menikung dengan kecepatan tinggi dan kemungkinan akan diterapkan pada Yamaha YZF-R1 generasi berikutnya.

Meskipun terdengar bagus, gearbox berteknologi tinggi ini sangat kompleks dan sangat mahal. Biaya sewa tahunan untuk gearbox mulus hanya beberapa tahun yang lalu adalah 3 ribu euro. Gambar paten mungkin mengisyaratkan produk masa depan tetapi tidak selalu menjadi indikator menjadi model produksi massal. Namun demikian, jika gearbox ini datang ke motor massal, Yamaha jelas harus sudah menemukan solusi membuat seamless lebih murah.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 9077 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video