Pendaftar Terus Bertambah, Bimbel CPNS Raup Omzet Rp 5 M

Seruindonesia.com – Akses CPNS, lembaga bimbingan belajar untuk tes calon pegawai negeri sipil mengatakan animo masyarakat untuk mengikuti bimbingan belajar seleksi CPNS 2018 semakin tinggi pada beberapa bulan ke belakang. Kepala Divisi Publikasi Bimbel Akses CPNS, Pratama Suharyadi mengatakan akibat animo yang tinggi dari peserta Bimbel Akses CPNS mampu meraup omzet hingga Rp 5 miliar.

“Omzet diperkirakan sekitar Rp 5 miliar sejak kami buka kelas pada Januari 2018 kemarin hingga September 2018,” kata Pratama ditemui di Hotel Ibis Senen, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Ahad, 16 September 2018.

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara atau Kementerian PANRB sebelumnya resmi membuka pendaftaran CPNS 2018. Adapun kebutuhan CPNS secara nasional mencapai 238.015 formasi. Jumlah ini terdiri atas 51.271 untuk instansi pusat (kementerian/lembaga) dan 186.744 untuk instansi daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana mengatakan saat ini pendaftaran CPNS masih akan menunggu persiapan dari pemerintah daerah. “Estimasi kami tanggal 16-20 September 2018, tapi mungkin bisa mundur. Targetnya sekitar tanggal 20-an lah,” kata Bima saat menghelat konferensi pers soal seleksi CPNS di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis, 6 September 2018.

“Menurut Pratama, akibat pendaftar yang terus membeludak, Bimbel Akses CPNS harus menambah jumlah kelas. Dari 5 kelas menjadi 7 tujuh kelas dengan masing-masing kelas 25-30 orang.

“Penambahan pendaftar ini terjadi karena pendaftaran CPNS dibuka tidak hanya untuk Kementerian saja tetapi juga karena dibuka untuk CPNS di daerah,” kata pria yang biasa disapa Tama ini.

Pratama menuturkan ada tiga jenis program yang ditawarkan oleh lembaganya bagi yang tertarik mendaftar program bimbingan belajar. Ketiganya yakni, program eksekutif dengan harga sebesar Rp 3,6 juta, program reguler dengan harga Rp 3,2 juta, dan program e-learning dengan harga Rp 980 ribu rupiah.

Chief Marketing Officer Akses CPNS, Yustamar K Hatmanto, menjelaskan sudah lebih dari 2.000 peserta yang mendaftar di tempat lesnya sejak Januari 2018. “Yang sekarang ini lebih banyak, hampir 3 kali lipatnya lah kalau dibanding tahun lalu yang hanya 600-700 orang,” kata Yustamar saat dihubungi Tempo, Selasa, 11 September 2018.

Yustamar mengatakan ia sempat menolak hampir 200 peserta karena jumlah kelas yang disediakan tidak cukup menampung banyaknya pendaftar. Setiap harinya, kata Yustamar, ada sekitar 50 orang yang mendaftar untuk mengikuti kelas. Ia menjelaskan masih membuka kelas untuk tanggal 15, 22 dan 29 September 2018.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmadja mengatakan, dari seluruh formasi CPNS yang dibuka, posisi yang paling banyak ditawarkan adalah guru dan dosen. “Posisi paling banyak adalah dosen dan juga guru sekitar 122 ribu. Untuk guru ini terdiri dari guru kelas dan mata pelajaran, guru agama, serta dosen di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi serta di Kementerian Agama,” kata Setiawan saat menggelar konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis, 6 September 2018.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 9077 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video