Mengerikan, Ini Dia Bahaya Meminum Rebusan Pembalut

Seruindonesia.com – Kasus remaja mabuk air rebusan pembalut bikin geger masyarakat. Padahal kandungan dalam pembalut sudah sangat berbahaya, seperti klorin yang berfungsi sebagai desinfektan dan gel penyerap.

 

Menurut Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari meminum air rebusan pembalut mengandung bahan-bahan psikoaktif. Karena efek minum air rebusan pembalut mirip dengan efek mengonsumsi narkotika, berikut bahaya-bahaya lainnya:

1. Risiko pada ginjal
Dalam air rebusan pembalut pasti memiliki banyak kandungan zat kimia berbahaya. Tentu saja ini sangat berbahaya pada organ tubuh.
“Dari ginjal, hati, dan yang lainnya bahkan kalau ada zat yang bersifat karsinogenik bisa berisiko menyebabkan kanker,” kata dr. Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN).

2. Gangguan saraf otak
Kepala Sub Direktorat Pendidikan BNN Agus Sutanto mengatakan efek nge-fly setelah meminum cairan bekas pembalut salah satunya adalah halusinogen. Orang tersebut akan berhalusinasi secara berlebihan. Jika konsumsi seperti ini dilakukan terus menerus, maka dampaknya pada tubuh.

“Bahaya untuk tubuh yang ditimbulkan itu lambat laun dapat merusak sistem saraf otak karena hal yang seharusnya tidak dikonsumsi malah dikonsumsi,” kata Agus.

3. Gangguan pencernaan
Selain gangguang pada hati, ginjal dan otak, dampaknya masih ada gangguan lain. Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, remaja yang meminum air rebusan pembalut akan berefek pada gangguan pencernaan. Apalagi pembalut tersebut adalah pembalut bekas. Gangguan seperti ini muncul karena ada bakteri di pembalut bekas. Â

“Kalau misalkan pembalut itu ada bekas atau sisa darah yang menempel, hal ini bisa menimbulkan gangguan pencernaan,” katanya.

Sumber: merdeka.com

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 10182 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video