Modus Baru, Bobol ATM Pakai Gelas Plastik

Seruindonesia.com Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Garut, Jawa Barat, berhasil membongkar sindikat pembobol ATM di Garut. Tiga pelaku berhasil diamankan dari total delapan pelaku. Yakni Sudrajat Macho (35) dan Edi Chandra (45), serta seorang pelaku asal Garut, Andri Akbar (28) berhasil diringkus petugas.

Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna menerangkan, dalam setiap aksinya mereka memiliki peran berbeda. Ada yang memasang alat ke bagian mulut mesin ATM agar macet. Dan ada juga yang berperan membantu korban hingga akhirnya terpedaya.

 “Jadi memang ada yang menyebar perangkap dan ada yang eksekusi,” kata dia, Selasa 8 Januari 2019.

Pelaku pertama bertugas mengganjal mulut mesin ATM dengan menggunakan plastik bekas kemasan air mineral yang sudah direkayasa sedemikian rupa.

Kemudian pelaku lain mengantri dekat calon korban. Melihat kondisi korbannya yang tidak berkutik, karena kartu ATM tertelan mesin, akhirnya salah satu di antara mereka menawarkan bantuan kepada korban.

“Saat itulah pelaku minta pin korban dengan dalih merestar mesin ATM untuk mengeluarkan kartu ATM korban,” papar dia.

Dengan kondisi itu, tak jarang para korban yang tengah panik langsung memberikan pin ATM kepada para pelaku. Pembobolan ATM korban pun dilakukan.

“Setelah mendapatkan pin ATM, pelaku menyarankan korban datang ke bank untuk memblokir ATM itu,” ungkap Budi.

Saat itulah setelah korban pergi, para pelaku langsung membongkar mulut ATM menggunakan obeng yang sudah disiapkan, dan langsung mengambil kartu ATM korban untuk menguras isi saldo ATM milik korban.

Dalam pemeriksaan, para pelaku pembobol ATM berhasil mengambil ratusan juta rupiah dengan kerugian korban yang cukup bervariasi hanya dalam waktu dua bulan. “Yang paling tinggi itu kerugiannya mencapai Rp 152 juta,” ujar Budi.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 11797 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video