Kalahkan Jepang, Qatar Juara Piala Asia 2019

Seruindonesia.com – Qatar untuk pertama kalinya jadi juara Piala Asia. Ini setelah mengalahkan Jepang 3-1 di partai final.

Pada laga yang dihelat di Zayed Sports City Stadium, Jumat (1/2/2019) malam WIB, Qatar yang melakoni partai final pertama dalam sejarahnya sudah unggul pada menit ke-12 lewat gol Almoez Ali.

Itu adalah gol kesembilan Ali di turnamen ini. Dia mencetak gol indah lewat tembakan akrobatik membelakangi gawang. Menerima umpan Akram Afif dengan kaki kirnya, Ali yang dikawal Maya Yoshida lantas menyentuh bola lagi dua kali dengan kaki kanan sebelum menjebol jala Jepang.

Laga belum genap berjalan setengah jam, Qatar sudah menggandakan keunggulan, tepatnya pada menit ke-27. Golnya pun terbilang cantik ketika Afif menyodorkan kepada Abdulaziz Hatem di depan kotak penalti dan diakhiri sepakan terukur ke tiang jauh gawang Shuichi Gonda.

Setelah unggul dua gol tersebut, Qatar relatif nyaman menguasai pertandingan dan sempat menciptakan beberapa peluang. Salah satunya lewat sepakan Hasan Al Haydos yang membentur tiang gawang.

Masuk di babak kedua, Jepang coba mengambil inisiatif serangan lebih dulu tapi pertahanan Qatar terlalu sulit ditembus. Namun, Jepang akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-69 lewat Takumi Minamino.

Serangan yang dibangun Jepang akhirnya mampu menembus pertahanan Qatar setelah permainan umpan pendek di kotak penalti membuat Minamino tinggal berhadapan dengan Saa Al Sheeb dan mencungkil bola ke dalam gawang.

Ini adalah gol pertama yang bersarang di gawang Qatar dalam turnamen ini setelah melewati tujuh pertandingan. Gol yang kemudian menghidupkan asa Jepang untuk bangkit.

Tapi, handball kapten Maya Yoshida di kotak penalti dalam situasi sepak pojok membuat Qatar mendapat penalti pada menit ke-82. Wasit Ravshan Irmatov sempat melihat VAR sebelum menghadiahi sepakan 12 pas yang dieksekusi sempurna oleh Afif.

Qatar akhirnya tetap mempertahankan keunggulan 3-1 dan keluar sebagai juara Asia untuk kali pertamanya. Sementara, Jepang harus menderita kekalahan pertama di laga final, setelah empat partai puncak sebelumnya selalu dituntaskan dengan trofi.

Sumber: detik.com

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 11595 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video