Dari Cemani Sukoharjo, Pergerakan Umat Islam Soloraya Dukung Jokowi Maruf Amin

Seruindonesia.com – Deklarasi dukungan untuk memenangkan Joko Widodo – Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pada pemilihan umum (pemilu) April mendatang, terus berdatangan di daerah Solo Raya.

Kali ini dukungan datang dari pergerakan Islam Solo Raya. Kegiatan dilakukan Selasa (12/3/2019) mulai pukul 20.00 – 21.30 WIB di Gedung Serba Guna Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.
Kegiatan itu bertema Deklarasi Dukungan Pergerakan Islam Solo Raya untuk Capres Jokowi – Ma’ruf, Doa dan Kerja untuk Pemilu Damai, Indonesia Maju.

Koordinator acara itu adalah A. Margono yang merupakan eks laskar Ngruki di Cemani.
Hadir pada kegiatan itu, Joko Sulistyo selaku Ketua Panitia, Ormas Islam yang tergabung dalam Pergerakan Islam Solo Raya Dukung Jokowi – Ma’ruf, tokoh agama dan tokoh masyarakat, anggota PPK Kecamatan Grogol Daru Warjanto, dan Ketua Panwas Kecamatan Grogol Suratno beserta anggota dan anggota DPD.

Pada kegiatan deklarasi dukungan itu digelar tausiyah oleh Zaid Al Karim. Dia menyampaikan bahwa Muslim harus optimis dalam menghadapi kehidupan, Allah berjanji dalam kesempitan yang terjadi pada kita pasti ada jalan keluar.
“Jadikan negara kami sejahtera, kami mohon negeri yang menjadi harapan, lindungi negeri kami dari keputusasaan, jauhkan kami dari pemimpin yang bersifat buruk. Berikan kami pemimpin yang sederhana, jauhkan kami pemimpin yang seperti Firaun,” kata Zaid dalam doanya.

Koordinator Acara, A. Margono, mengatakan Pilpres yang akan dilaksanakan 17 April mendatang adalah keniscayaan yang mesti dilalui dalam tahapan berbangsa dan bernegara sebagaimana amanat konstitusi dan perundang-undangan.
Sebagai entitas dan warga negara, kita mau tidak mau, suka tidak suka, harus terlibat dan melibatkan diri dalam proses demokrasi tersebut.

“Umat Islam masih menjadi mayoritas entitas keagamaan di wilayah NKRI sehingga baik buruknya negara ini menjadi tanggung jawab umat Islam,” ungkapnya.

Berdasar dari spirit mengupayakan kehidupan kebangsaan yang semakin baik, kata Margono, beberapa waktu lalu para ulama yang tergabung dalam ulama 212 melakukan ijtima yang menelurkan 5 kriteria umum dan 5 kriteria khusus sebagai panduan umat mengikuti kontestasi Pilpres mendatang.
Dia menyampaikan tiga pertimbangan;
Pertama, bahwa Presiden sebagai seorang negarawan harus punya kemauan dan keberanian menerima masukan dari segala pihak terkait keputusan dan kebijakan yang telah dan akan diambil.

“Tanpa kemampuan dan keberanian mustahil menjalankan prinsip dasar demokrasi dan akan melahirkan otoritarianisme,” lanjutnya.
Kedua, pemimpin yang terlahir dari rakyat, dibesarkan dan erat bersinggungan dengan penderitaan rakyat jauh akan lebih mengerti apa yang dirasakan, mudah berempati dan tentu akan membuat kebijakan yang tidak jauh dari upaya meringankan beban berat yang ditanggung oleh rakyatnya
Ketiga, peran ulama telah nyata memberi andil besar perjalanan negara Indonesia bahkan jauh sebelum negara ini terlahir. Ulama menjadi titik singgung fungsi komunikasi horisontal terhadap umat sekaligus komunikasi terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Beradasarkan pertimbangan tersebut dan sejalan dengan kriteria yang telah direkomendasikan oleh ijtima ulama maka Pergerakan Islam Solo Raya mendeklarasikan diri memberi dukungan kepada Paslon Presiden nomor urut 1 Jokowi – Ma’ruf,” tegas Margono.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengiktikadkan diri untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaran Pemilu yang Luber dan Jurdil dengan tetap mengupayakan menciptakan suasana damai dan tentram. Sebab itulah modal besar untuk membuat Indonesia maju.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 11505 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video