Kapolres Pelalawan Bersama Bupati Pelalawan Pantau Harga Sembako di Pasar, Sekarang Sudah Stabil

Seruindonesia.com- Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan SIK bersama Bupati HM Harris meninjau harga Sembilan bahan Pokok (Sembako) dan bahan pangan di Pasar Baru Kota Pangkalan Kerinci, Senin. (20/5/2019).

Harga cenderung stabil
Tim gabungan Polres dan Pemda ingin melihat langsung pergerakan harga-harga selama Bulan Ramadhan yang memasuki hari ke-14.

Tim pertama kali menyambangi para pedagang rempah-rempah dapur dan bumbu masak seperti cabe hingga bawang putih.

Harganya cenderung bertahan sejak sebelum puasa dan beberapa diantaranya malah turun.

Seperti bawang putih yang sempat menjadi sorotan karena harga satu kilogram nyaris mencapai Rp 100 ribu, turun menjadi Rp 45 ribu paling tinggi.

“Bawang putih turun kemungkinan besar karena pintu impor dibuka pemerintah. Sekarang sudah stabil,” kata Kapolres Kaswandi, Senin (20/5/2019), saat ditemui di lokasi.

Demikian juga dengan daging ayam maupun sapi yang harganya mengalami fluktuasi dengan kenaikan hingga Rp 5 ribu dan kemudian turun dengan besaran yang sama.

Sama kondisinya dengan ikan segar yang dijajakan di pasar juga masih bisa dikendalikan.

Menurut Bupati Harris, lonjakan harga belum terasa selama dua pekan Bulan Ramadhan ini. Fluktuasi harga hanya berkisar di angka ribuan saja dan belum memberatkan masyarakat.

Diperkirakankenaikan akan terjadi mendekati Hari Raya Idul Fitri mendatang dan akan terasa bagi pembeli yang berbelanja sembako dan bahan pangan.

“Kemungkinan besar kenaikan terjadi jelang Lebarang. Kalau tidak salah H-2 atau H-1 nanti. Itu informasi dari pedagang,” beber Bupati Harris usai meninjau harga sembako, Senin (20/5/2019).

Harris menjelaskan, Pemda akan rutin melakukan kontrol harga melalui instansi terkait seperti Disperindag, Disbunak, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya. Pihaknya berharap lonjakan harga menjelang Lebaran tidak menyulitkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan keluarga saat Hari Raya mendatang.

“Mudah-mudahan nanti tidak terlalu naik (harga) sembako pas dekat Lebaran. Makanya akan dipantau terus,” tukasnya.

“Pada umumnya harga-harga normal dari pantauan kita tadi. Malah ada yang turun dari sebelum puasa kemarin. Jikapun ada pergerakan harga, hanya sedikit saja,” terang Bupati Harris.

Harris mengklaim belum ada keluhan dari pembeli yang ditemui mengenai harga yang melonjak seperti tahun-tahun sebelumnya. Kenaikan harga yang tidak signifikan belum memberatkan warga yang datang berbelanja.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 11934 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video