Ka Satgas Binmas Noken Polri : Kami Hadir Untuk Menjaga Peradaban Papua

Jayapura – Jaringan Damai Papua (JDP) yang dipelopori oleh alm. Pater Neles Tebai yang mempunyai misi membawa perdamaian di tanah Papua menggelar seminar dalam rangka memperingati 40 hari kepergian Pater Neles Tebai dan juga bagaimana memperjuangkan perdamaian di Papua sepeninggalan Pater Neles Tebai, yang bertempat di Hotel Grand Abe, Abepura – Papua, Kamis (23/05/19).

Dalam seminar ini, Satgas Binmas Noken Polri pun mulai dianggap sebagai salah satu agen perdamaian untuk Papua dimana dalam kegiatan ini Kombespol DR. Eko Rudi Sudarto selaku Ka Satgas Binmas Noken di undang sebagai nara sumber dalam seminar ini diantara beberapa narasumber lainnya yang mempunya peran penting sebagai agen perdamaian untuk Papua.

Kegiatan yang mengambil thema “JDP Respon Pemerintah dan Masa Depan Dialog Bagi Tanah Papua” ini dibagi dalam dua sesi diskusi dimana Ka Satgas Binmas Noken mengisi sesi kedua dalam dialog, dalam paparannya sebagai Ka Satgas Binmas Noken Polri, Kombes DR. Eko Rudi Sudarto mengatakan bahwa dirinya memberi Apresiasi kepada Alm. Pater Neles Tebai dimana beliau adalah sosok karya manusia yang unggul dan manusia yang unggul akan selalu dikenang abadi dalam ingatan.

Ka Satgas Binmas Noken juga menjelaskan kepada para peserta seminar tentang bagaiman peran Satgas Binmas Noken Polri dalam menjaga peradaban dan kedamaian Papua melalui program pendekatan soft approuch Polri bagi masyarakat Papua yang mana Satgas Binmas Noken Polri ini sudah berjalan selama setahun dalam mengabdi bagi Papua melalui program – program kemanusiaan di Papua.

“Kami dari Satgas Binmas Noken Polri memiliki tiga esensi program unggulan di Papua yaitu, Capasity Buillding dimana kami fokus membangun manusia Papua melalui pendidikan bagi anak – anak di pedalaman Papua yang hingga sekarang sulit mendapatkan pendidikan yang layak, kedua ada program peternakan dengan memberdayakan putra asli Papua dalam hal beternak Babi dan ayam potong yang sudah kita jalankan di beberapa kabupaten di daerah pegunungan Papua sedangkan program yang ketiga adalah pertanian yang juga kita telah lakukan di Wamena dan Timika dengan mengajak serta mengajar beberapa masyarakat asli Papua dalam bertani yang baik dan benar,” ucap Kombespol DR. Eko menjelaskan.

Kombespol Eko juga menambahkan bahwa seluruh kegiatan Satgas Binmas Noken Polri ini bisa dilihat secara langsung melalui website Binmas Noken Polri dengan alamat web. www.binmasnokenpolri.com dan juga saat ini kita sedang menggelar pameran foto di Jakarta, semua ini menunjukan bagaimana wujud cinta kami Polri untuk tanah Papua.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 12307 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video