Karhutla di Wonogiri Semakin Meluas dan Mendekati Pemukiman Warga

Seruindonesia.com – Kebakaran lahan dan hutan (karhutla) melanda sedikitnya 27 hektare di Selogiri, Wonogiri. Api sempat mendekati pemukiman dengan hanya menyisakan jarak sekitar 50 meter.

“Sekitar 27 hektare lahan dan hutan terbakar. Masih kami upayakan pemadaman, terlebih jarak antara wilayah terbakar dengan pemukiman sempat mencapai 50 meter,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Minggu (11/8/2019).

Menurut dia, karhutla terjadi sejak Sabtu (10/8) dan masih berlangsung hingga saat ini. Wilayah lahan dan hutan yang terbakar adalah milik Perhutani petak nomor 1 sampai dengan 4 RPH Cubluk BKPH Wonogiri seluas sekitar 5 hektare serta lahan hutan rakyat Dusun Ngemplak Desa Kepatihan Kecamatan Selogiri seluas sekitar 20 hektare.

“Tanaman tegakan yang terbakar berupa jati, sono dan mahoni,” tutur dia.

Upaya pemadaman dilakukan oleh tim gabungan. Terdiri dari personil BPBD, Perhutani, TNI, Polri, relawan desa, mahasiswa KKN, serta warga setempat. Telah dilakukan penyekatan di kawasan yang dekat dengan pemukiman. Kini jarak terdekat wilayah terbakar sekitar 3 kilometer dari pemukiman.

“Kondisi sekarang api menjalar ke wilayah perbukitan. Informasi titik api berasal dari wilayah Desa Kedung Sono Kabupaten Sukoharjo, selanjutnya menjalar ke arah timur sampai ke Desa Kepatihan Kecamatan Selogiri Wonogiri,” tandas Bambang.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 12309 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video