Berikut Profil dan Prestasi Briptu Hedar yang Gugur di Papua

Seruindonesia.com – Almarhum Brigpol Anumerta Hedar, anggota Polri yang gugur dalam tugas usai menjadi korban penculikan dan penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Senin 12 Agustus 2019, kemarin, akan dimakamkan di Desa Siawung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

“Atas permintaan keluarga, korban jenazah akan dikebumikan di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan,” tulis Kabid Humas Polda Sulsel, Dicky Sondani melalui pesan singkat, Senin 12 Agustus 2019, kemarin malam.

Brigpol Anumerta Hedar, merupakan anggota Polri yang lahir di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, pada 17 Juli 1995 silam. Kedua orang tuanya masing-masing bernama Kaharuddin yang bekerja sebagai wiraswasta dan Ibu Nurhaeda merupakan ibu rumah tangga.

Almarhum merupak anak sewata wayang yang menyelesaikan Sekolah Dasar pada tahun 2007, SMP pada tahun 2010, SMA Negeri 1 Serui pada tahun 2013. Sebelum masuk mengabdi sebagai anggota Polri, ia sempat melanjutkan pendidikan dengan kuliah mengambil jurusan Manajemen S1 Tahun 2018. Ia juga dikenal sebagai anak berprestasi dan mahir dalam bahasa asing yakni bahasa Jerman.

Pada tahun 2014, mencoba mengadu nasib jadi anggota Polri dan dinyatakan lulus sehingga mengikuti Pendidikan Bintara Tugas Umum Polri Tahun 2014 di SPN Jayapura Polda Papua.

Di tahun 2015, anak tunggal dari bapak Kaharuddin dan ibu Nurhaeda ini akhirnya mengakhiri pendidikannya. Dan langsung ditempatkan di Polres Lanny Jaya dengan jabatan Bintara Reskrim selama 2 tahun. Kemudian pada tahun 2017, bergabung di Dit Reskrimum Polda Papua.

“Selama dinas lima tahun alm. dikenal sebagai sosok personil yang disiplin, ulet dan jujur serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh pimpinan,” beber Dicky Sondani kepada Tagar, Selasa 13 Agustus 2019.

Kedispilinan Brigpol Anumerta Hedar, lanjut Dicky, ia juga mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa dalam aksi pembebasan sandera warga papua dan non papua oleh KKB di tembagapura yaitu di Kampung Banti, Distrik Tembagapura pada tanggal 11 November 2017.

“Tidak hanya itu, almarhum juga banyak mendapatkan bintang jasa karena berhasil mengungkap sebanyak 11 kasus kriminal yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal bersenjata (KKB) yang terjadi di wilayah pegunungan tengah Papua,” tambahnya.

Berikut keberhasilan atau jasa Brigpol Anumerta Hedar dalam penanganan KKB di Papua, sebagai berikut :

– Aksi penggalangan terhadap jaringan Senmu Ilaga an. AMOLE dan mendapatkan 2 (dua) pucuk Senpi Panjang dan 1 (satu) pucuk Senpi Pendek beserta Amunisi tanggal 3 Mei 2019.

– Aksi pembebasan sandera warga Papua dan Non Papua oleh KKB Tembagapura di Kampung Banti, Distrik Tembagapura tanggal 11 November 2017.

– Aksi penangkapan terhadap Yogor Telenggen (KKB LANNYJAYA) di Kampung Usir Distrik Mulia Puncak Jaya tanggal 12 Mei 2018.

– Aksi penangkapan terhadap WUYUNGGA TABUNI (KKB LANNYJAYA) di Kampung Usir Distrik Mulia Kabupaten Puncak Jaya tanggal 1 Agustus 2018.

– Aksi penangkapan terhadap DAMIANUS MAGAY YOGI (PANGLIMA KKB TOTIYO-PANIAI) di Sentani, Kabupaten Jayapura tanggal 13 Oktober 2016.

– Aksi penangkapan terhadap JEMY MAGAY YOGI (KSAD KKB TOTIYO-PANIAI) di Sentani, Kabupaten Jayapura tanggal 13 Oktober 2016.

– Aksi penangkapan terhadap JONA WENDA (JUBIR WPNCL) di Sentani, Kabupaten Jayapura tanggal 13 Oktober 2016.

– Aksi penangkapan terhadap ALOYSIUS KAYAME (KKB TOTIYO-PANIAI) di Sentani tanggal 13 Oktober 2016.

– Aksi penangkapan terhadap PAKU WANIMBO (KKB YAMBI) Kampung Trikora, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya tanggal 21 Februari 2019.

– Aksi penangkapan terhadap BUMI ENUMBI (KKB YAMBI) tanggal 21 Januari 2019 bertempat di Jembatan Kembar Yambi, Kabupaten Puncak Jaya.

– Aksi penangkapan terhadap WEMILES TUWOLOM (PENYUPLAI SENMU KKB YAMBI) di Jayapura tanggal 17 Oktober 2018.

– Aksi penangkapan terhadap LONGGOP TELENGGEN (KKB YAMBI) Di Distrik Muara Kabupaten Puncak Jaya 20 Juli 2018.

Atas jasa-jasanya tersebut, Briptu Hedar, anggota Polri yang bertugas di Ditreskrimum Polda Papua dan Satgas Gakkum KKB Papua untuk diusulkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Brigadir Polisi Anumerta. Selamat jalan pejuang Bhayangkara sejati.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 12309 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video