Gubernur Lukas Enembe: Tugas Saya Menjaga NKRI Dari Sabang Sampai Merauke

Seruindonesia.com – Gubernur Papua Lukas Enembe menegaskan, dirinya menjamin keamanan seluruh masyakat yang ada di Papua. Karena menurutnya, Papua adalah bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal ini ditegaskan Gubernur Lukas Enembe pada acara Deklarasi Kesepakatan Bersama dalam rangka Menjaga Papua Tanah Damai yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Jayapura, Kamis 5 September 2019 malam.

Hadir dalam acara deklarasi tersebut diantaranya, Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, Bupati Merauke Frederikus Gebze, Ketua MRP, Ketua DPRP, Ketua KPU Papua, Ketua Bawaslu Papua dan sejumlah tokoh masyaraka, adat, agama, pemuda, perempuan, dan 19 paguyupan yang ada di Kota Jayapura.

“Saya selaku gubernur Papua menegaskan bahwa, saya akan menjamin keamanan kepada setiap orang yang tinggal di tanah ini. Anda (masyarakat) punya hak di tanah yang kita cintai, anda punya hak untuk hidup diseluruh Nusantara termasuk Papua karena Papua merupakan bagian dari Nusantara,” kata Gubernur Lukas.

Dikatakan, apa yang terjadi akhir-akhir (demo berujung amuk massa) sudah mulai ditangani dengan baik, karena aparat keamanan sudah melakukan penangkapan terhadap para pelaku kerusuhan dan juga telah melakukan proses hukum terhadap oknum yang telah melukai hingga menghilangkan nyawa masyarakat yang tidak berdosa.

“Kita sudah sepakat untuk tidak ada lagi perbedaan, kita semua adalah warga Nusantara dan tidak ada (lagi) kelompok Nusantara dan kelompok Papua. Saya berusaha membangun masyarakat Papua sesuai dengan amanah yang diberikan (Negara) kepada saya yaitu menjaga kesatuan NKRI dari Sabang sampai Merauke,” ujarnya.

Gubernur Papua Lukas Enembe juga memberikan apresiasi terhadap ide deklarasi kesepakatan bersama dalam rangka menjaga Bumi Cenderawasih sebagai Tanah Damai. “Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas ide pertemuan tersebut. Apapun itu, kami sudah sepakat untuk hidup berdampingan di Provinsi Papua,” katanya.

Di tempat yang sama Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian mengaku bahwa tanah Papua adalah tanah yang damai, dan dirinya selalu mendengar di setiap kesempatan, gubernur Papua selalu menyampaikan bahwa Papua dalah miniatur dari Indonesia, di mana segala suku bangsa dan agama hidup rukun di tanah yang telah dijanjikan oleh Tuhan.

“Saya kaget dengan insiden yang terjadi beberapa hari terakhir ini. Selama saya bertugas di Papua (Sebagai Kapolda), kondisi Papua selalu damai. Saya meminta kepada seluruh rakyat Papua untuk tetap menjaga kedamaian yang selama ini sudah terbina. Dengan deklarasi ini, kita harapkan agar dikemudian hari tidak ada lagi insiden yang sempat menciderai bumi (Papua) yang kita cintai ini,” katanya.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 12483 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video