Menaruh Ponsel di Samping Bantal Saat Tidur, Bisa Picu Sakit Otak Hingga Tumor

Seruindonesia.com РPonsel seakan tak pernah bisa lepas dari kehidupan kebanyakan orang. Mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur lagi, ponsel akan selalu berada di dekat manusia. Ketergantungan tersebut ternyata punya banyak sekali efek samping. Hal tersebut karena, radiasi ponsel yang cukup bisa mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. Kebiasaan meletakkan ponsel di samping bantal saat tidur sudah jadi hal yang lumrah dilakukan. Karena ponsel sudah menjadi alat yang membuat semua orang ketergantungan. Contohnya, sebelum tidur atau bahkan saat bangun tidur hampir semua orang langsung mengecek ponsel. Padahal kebiasaan seperti itu ternyata sangat buruk bagi kesehatan, dan bahkan bisa memicu beberapa penyakit. Seperti yang Grid (grup TribunMadura.com ) kutip dari People melalui Family Doctor pada Kamis (20/6/2019), setidaknya ada 6 hal buruk pada kesehatan Kamu, jika keseringan meletakan ponsel di sebelah Kamu ketika tidur.

Sulit untuk tidur

Ponsel menghasilkan serangkaian gelombang radio, beberapa di antaranya memengaruhi suplai darah ke korteks serebral dan dapat menyebabkan perubahan EEG. Jika seseorang yang menderita insomnia, ia rentan terhadap gelombang radio ini, sehingga sulit untuk tidur di malam hari.

Sakit otak

Ponsel menghasilkan gelombang radio, dan beberapa gelombang bisa diserap oleh otak. Oleh karena itu, jika Kamu meletakkan ponsel di sisi bantal dalam jangka waktu lama, otak akan menyerap lebih banyak gelombang radio. Sehingga otak rentan terhadap kerusakan, dan rentan merasakan sakit kepala, pusing dan masalah kepala lainnya.

Gangguan menstruasi

Kerusakan pada tubuh akibat ponsel akan bervariasi dari orang ke orang, misalnya, ketika ponsel diletakkan di tempat tidur, dampaknya pada wanita berbeda dari orang lain. Jika Kamu tidur, wanita meletakkan telepon di tempat tidur untuk waktu yang lama, endokrinnya akan terpengaruh. Hal ini menyebabkannya rentan terhadap gangguan endokrin, dan bahkan menyebabkan gangguan menstruasi pada wanita, yang dapat memengaruhi kehamilan wanita.

Mempengaruhi sperma

Lain pula dengan pria, radiasi ponsel dapat berdampak besar pada pria bahkan sistem tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria juga bisa berpengaruh terhadap radiasi ponsel untuk waktu lama. Jumlah sperma akan berkurang dan kemungkinan besar kualitas sperma akan menurun.

Memicu Tumor

Ada pandangan bahwa radiasi yang dihasilkan oleh ponsel menyebabkan sel-sel saraf dalam tubuh manusia mati pada suhu tinggi. Jika sel tersebut merupakan sel glial stadium lanjut, kelainan akan meningkat dan faktor kesehatan seperti tumor bisa muncul.

Osteoporosis

Sebagian besar penyelidikan telah menunjukkan bahwa orang-orang yang meletakkan ponsel mereka di bantal pada waktu yang lama bisa terkena osteoporosis. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk tidur telepon? Secara umum, ponsel memiliki radiasi, jadi yang terbaik adalah mematikan telepon saat tidur.  Jika harus dalam mode siaga, disarankan untuk meletakkannya 1,5 meter dari Kamu. (*)

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 12794 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video