Vanutu Negara Tukang Hutang dan akan hancur yang Suka ikut Campur Papua.

Seeuindonesia.com – Republik Vanuatu kembali bikin kesal pemerintah Indonesia. Negara kecil di Pasifik tersebut menyelundupkan tokoh separatis Papua Barat, Benny Wenda, ke Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia (KTHAM) PBB di Jenewa, di mana dia menyerahkan petisi referendum kemerdekaan.

Ini bukan pertama kali negara kecil di Pasifik itu ikut campur urusan dalam negeri Indonesia. Di masa lalu, negara Vanuatu ini lantang menyuarakan kemerdekaan Papua Barat di forum PBB, meski agenda sidang tak membahas masalah tersebut.

Beberapa waktu belakangan ini nama Sekretaris Jendral PBB António Guterres ramai diperbincangkan setelah dirinya berpose untuk sampul majalah Time yang bertajuk ‘Planet Kita yang Tenggelam’.

Dalam foto sampulnya, Gutteres yang mengenakan setelan jas terlihat basah karena masuk dalam air setinggi lutut di tepi pantai Tuvalu, salah satu negara di Kepulauan Pasifik yang terancam tenggelam akibat kerusakan alam yang menyebabkan naiknya volume air laut dunia.

Tuvalu hanya satu dari sembilan negara di Samudera Pasifik yang terancam tenggelam akibat memburuknya pemanasan global.

Dalam catatan PBB, Tuvalu sedang terancam musnah dari daratan bersama Kiribati, Samoa, Nauru, Kepulauan Solomon, Kepulauan Fiji, Kepulauan Marshall, Kepulauan Maldives (Maladewa), dan Vanuatu.

Ya, Anda tidak salah baca, karena Kepulauan Maldives yang menjadi destinasi wisata bucketlist turis dunia dan Indonesia juga terancam punah jika manusia terus membuat bumi panas dengan polusi dan sampah.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 12769 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video