Kekacauan Media Sosial di Era Digital

Seruindonesia.com – Berselancar di dunia maya merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan. di tengah aktivitas yang begitu padat sering kali kita membuka media sosial selain untuk mencari dan berbagi informasi terkadang kita menggunakan media sosial sebagai alat untuk mengkespresikan diri setelah melewati kejadian-kejadian yang telah kita alami dalam rutinitas sehari-hari.

Seiring dengan berkembangnya zaman, media sosial pun kini berevolusi mengembangkan aplikasi-aplikasi yang dapat mencuri simpati dari masyarakat digital, mengikuti arus perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga hari ini dapat kita rasakan begitu mudahnya mengakses aplikasi media sosial di smart phone yang kita miliki.

Namun di balik mudahnya akses untuk menggunakan media sosial, keberadaan media sosial tidak sedikit memunculkan problematika yang cukup menarik untuk kita kaji.  Karena masih banyak para penggunanya yang hingga detik ini  belum bisa bersikap dewasa dalam berekspresi di media sosial tersebut. Bahkan tidak sedikit orang2 yang hari ini menggunakanya sebagai alat kepentingan kelompok maupun Individu tanpa memikirkan efek yang akan terjadi nanti.

Belum lagi kekacauan yang timbul akibat perdebatan-perdebatan netizen di kolom komentar yang telah di sediakan untuk para penggunanya. memang tidaklah salah masyarakat yang hari ini mengkritik sesuatu maupun beradu argumentasi di dalam media sosialnya masing-masing. Karena itu merupakan hak yang di miliki oleh seluruh penikmat media sosial hari ini. Tetapi kalimat/kata dari komentar-komentar tersebut lah yang mesti kita kritisi, masih banyak para netizen yang menggunakan bahasa-bahasa vulgar atau bahasa yang tidak pantas layaknya seseorang yang tidak beretika.

Mari kita bayangkan ketika bahasa/kalimat-kalimat yang tidak pantas di ucapkan tersebut berapa anak yang melihat dan menirukan hal tersebut, melihat hari ini media sosial dapat di akses oleh siapapun tanpa memandang usia baik anak-anak, remaja, orang tua hingga lanjut usia.  belum lagi dengan beredarnya informasi yang bisa di akses oleh siapapun dan kapanpun tanpa mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu.

Disadari ataupun tidak, media sosial hari ini menjadi salah saluran terbanyak ditemukanya berita bohong atau hoax seperti presentase yang bersumber dari Gatra.com yang di ungkapkan oleh Presiden Direktur Viva Media Grup, Aninda Novyan Bakrie saat menghadiri salah satu Kovensi Nasional Media Massa.

Sehingga dapat di pastikan keberadaan media sosial tidak patut untuk kita salahkan, karena media sosial yang hari ini hadir di dalam masyarakat tidak sedikit memberikan dampak yang positif terhadap para penggunanya. Namun lagi-lagi kitalah sebagai seorang pengguna media sosial harus bisa bijak dalam menggunakannya baik itu dalam berkomentar, memberikan informasi, berkomunikasi dan sebagainya. Marilah kita dewasa dan bijak dalam menggunakan media dengan menebarkan hal-hal yang bersifat positif demi kemaslahatan masa depan bangsa Indonesia di era digital. Karena bila bukan kita siapa lagi?

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 12769 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video