Mirip Kepala Naga, Inilah Spesies Anggrek Terbaru dari Tanah Papua

Kekayaan alam di wilayah Timur Indonesia seakan tak ada habisnya. Hingga kini pun, masih banyak spesies yang baru terjamah dan diketahui.

Terbaru, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) ini berhasil menemukan spesies anggrek baru dari tanah Papua. Spesies itu bernama Dendrobium nagataksaka.

Peneliti Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Destario Metusala, mengatakan bahwa spesies baru anggrek ini telah diidentifikasi dan diterbitkan dalam jurnal ilmiah internasional Phytotaxapada bulan September 2019.

Anggrek Dendrobium nagataksaka merupakan anggrek epifit yang tumbuh menempel di permukaan batang pepohonan.

“Distribusi alami dari spesies baru ini diketahui berasal dari kawasan hutan dataran rendah di provinsi Papua Barat,” kata Destario, Senin (4/10/2019).

Genus Dendrobium, kata Destario, dikenal sebagai salah satu kelompok anggrek yang memiliki bentuk bunga yang unik dan menjadi salah satu komoditas bunga hias yang sangat digemari.

“Spesies baru ini memiliki keunikan bentuk kuntum bunganya yang memiliki petal tegak seperti tanduk, dan bibir bunga yang menjulur panjang menyerupai bentuk kepala seekor naga,” tuturnya.

Sementara dalam artinya sendiri naga taksaka (Kaang) adalah naga bersayap yang merupakan simbol angkasa atau melambangkan atmosfer bumi sebagaimana digambarkan pada singgasana padmasana yang berbentuk menyerupai kursi dan dengan keindahan seni rupa.

“Ciri (spesies baru anggrek Dendrobium) tersebut yang menjadikan spesies baru ini mengambil epitet nagataksaka yang berasal dari nama Taksaka, makhluk mitologi berwujud naga dalam epos Mahabharata,” ujarnya.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 12769 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video