Coffe Break di RPM Papua, Binmas Noken Polri Hadir Untuk Kemajuan OAP

Mimika – Satgas Binmas Noken Polri menggelar dialog interaktif dalam program Coffe Break Bersama dua pengamat dari Jakarta yakni, Prof. J. Kristiadi dan Prof. Dr. drg. Regina Titi Christinawati Tandelilin, M.Sc di Radio Publik Mimika (RPM), Kamis (28/11).

Dialog ini yang dihadiri Kasatgas Binmas Noken Polri, Kombes Pol. Eko Rudi Sudarto mengusung tema Pengembangan Sumber Daya Manusia  Di Papua dalam bidang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi.

Prof. J kristiadi menyampaikan  pendidikan di Indonesia khusus Papua sangat besar, dimana ada dana otsus dengan dua tujuan utama,  pendidikan dan  kesehatan.

“Mendidik masyarakat atau Orang Asli Papua (OAP) dan anak muda tidak mudah, karena orang tua harus ikut berperan dalam mendidik anaknya, serta memanajemen rumah tangga tidak sama dengan manajemen kantor, bagaimana bisa mendidik anak dengan terkonsep betul, melalui internet dan youtube, serta hal lain bagaimana negara ini bisa mendidik keberagaman seperti yang sudah dicontohkan oleh binmas noken,” jelas Prof. J kristiadi.

Ditambahkan Prof. J kristiadi, Binmas noken ini tidak banyak teori namun banyak melakukan pendekatan, Melalui karakter masing-masing anak, selain hal itu Harus melakukan pola pendidikan vokasi untuk anak-anak papua.

“Contoh saja Billy mambrasar anak muda papua yang luar biasa, menjadi staf presiden yang sangat menjanjikan karena dengan segudang prestasi yang diraih oleh anak muda ini. Kalau negara bangun papua, bangun orang papua bisa dan oap mau,” ucap Prof. J. Kristiadi.

Tidak hanya membahas masalah Pendidikan, kali ini Prof. Dr. Drg. Regina juga mengatakan bidang kesehatan, bahwa kesehatan di papua khususnya butuh perhatian khusus, harus melalui sentuhan, dan apresiasi luar biasa dari TNI-Polri yang membantu pemerintah untuk memberdayakan masyarakat, semata untuk membangun SDM yang unggul di Papua.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 12857 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video