Pemkot Surakarta Distribusikan Sembako ke Warga Terdampak Covid-19

Seruindonesia.com – Bertempat di PAU (Pergudangan dan Aneka Usaha) Pedaringan telah dilaksanakan penyerahan sembako secara simbolis oleh Wali Kota Surakarta kepada warga masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, Minggu (5/4/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kota Surakarta termasuk Lurah dan Camat yang selanjutnya sebagai koordinator pendistribusian sembako, jajaran TNI/POLRI, PMI, SAR, dan relawan lainnya.

Berdasarkan laporan dari Sekretaris Daerah Kota Surakarta yang juga sebagai Ketua Gugus Penanganan Covid-19, Ahyani menyampaikan bahwa rangkaian penanganan pandemi Covid-19 salah satunya adalah pendistribusian sembako sejumlah 40ribu paket yang akan disalurkan dua kali tahapan.

Pendistribuan tahap pertama, per paket terdiri dari tujuh jenis yakni beras 10 kg, telur 0.5 kg, mie instan 3 buah, kecap 1 botol, teh seduh 2 pak, gula 1 kg, minyak goreng 1 liter. Sedangkan untuk tahap kedua, per paket terdiri dari lima jenis yakni beras 10 kg, telur 0.5 kg, mie instan 3 buah, kecap 1 botol, teh seduh 2 pak.

Dari 40 ribu paket masing-masing senilai Rp. 246.000,- sehingga totalnya adalah Rp. 10.600.000.000,- (sepuluh milyar enam ratus juta rupiah).

Untuk pendistribusian tahap pertama sudah disiapkan 25.416 paket. Adapun sasarannya adalah warga miskin dan warga rentan miskin yang belum menerima bantuan dari pemerintah pusat dan warga yang terkena dampak langsung pandemi Covid-19, tersebar di 5 kecamatan / 54 kelurahan terdiri dari 626 RW / 2784 RT.

Pada kesempatan ini pula Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo menyampaikan pendistribusian sembako dilakukan dengan door to door, hal ini beda dari cara pendistribusian biasanya yang dilakukan dengan berkerumun. “Hari ini bukan untuk mencari sensasi namun menunjukkan bahwa jajaran TNI/POLRI bersama rakyat melawan corona,” tegas Wali Kota.

Beliau menghimbau utamanya kepada tim yang hadir untuk memberi contoh yang baik kepada masyarakat guna pencegahan Covid-19. Salah satunya adalah gerakan menggunakan masker apabila keluar rumah. Masker tersebut tidak harus membeli namun bisa dibuat sendiri.

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 13242 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video