Bupati Tulungagung Bersama Forkopimda Launching Pasar Tangguh Semeru

Tulungagung, Memasuki Tatanan Kehidupan Baru atau yang dikenal dengan New Normal Life, Berbagai upaya terus digalakkan Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Pagi ini, Rabu (18/6/20) Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo MM bersama Forkopimda meresmikan pasar Ngemplak menjadi Pasar Tangguh Semeru, Artinya masyarakat diperbolehkan beraktivitas biasa di pasar dengan persyaratan menerapkan protokol kesehatan.

Peresmian pasar Ngemplak menjadi pasar tangguh Semeru tersebut disaksikan oleh Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia, SIK MM MH, Kasdim 0807 Mayor Inf Muji Wahono, Kepala BPBD Soeroto, Kepala Dinkes Kasil Rokhmad, Kepala Disperindag Imroatul Mufidah, Muspika Kecamatan Tulungagung Kota, dan Instansi serta elemen masyarakat terkait.

Setibanya di area pasar, bupati menyerahkan bantuan berupa face shield (penutup wajah) kepada perwakilan pedagang di pasar Ngemplak. Setelah itu, Bupati memberikan sambutan dan diakhiri dengan pemotongan pita.

Selanjutnya, rombongan berkeliling ke area pasar untuk mengecek kesiapan pasar Ngemplak dalam menyambut new normal.

“Kami lihat semuanya sudah siap, tinggal bagaimana semuanya bisa mendisiplinkan diri,” kata Bupati Maryoto Bhirowo

Bupati menjelaskan, kesiapan yang dimaksud yakni, setiap pengunjung pasar dilakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermo gun, jika ada pedagang atau pengunjung pasar yang memiliki suhu tinggi dan tidak enak badan tidak diperkenankan memasuki area pasar

“Setelah dicek suhu tubuhnya, penduduk pasar juga harus melewati bilik desinfektan,” terangnya.

Tak hanya itu, penataan di pasar Ngemplak juga menerapkan physical distancing. Disetiap sisi pasar juga disediakan tempat untuk mencuci tangan.

“Yang paling bagus tadi setiap pedagang memakai masker atau face shield, dan sarung tangan,” imbuhnya.

Jika melihat kondisi seperti ini dipastikan area pasar Ngemplak telah siap menuju new normal. Namun untuk menuju new normal yang sesungguhnya, dibutuhkan kedisiplinan dan konsisten setiap masyarakat.

“Jadikanlah protokol kesehatan menjadi kebiasaan sehari-hari. Akan sangat tidak berarti jika mematuhi protokol kesehatan saat ada petugas atau pejabat saja,” Pungkas Drs Maryoto Birowo

Sementara itu Kapolres Tulungagung AKBP EG Pandja SIK MM MH, mengatakan, ” Pasar Tangguh Merupakan pengembangan dari Program Kampung Tangguh Semeru yang dilaunching oleh Kapolda Jatim beserta Forpimda Tingkat 1 Jatim, Salah satu tujuannya yakni untuk memutur penyebaran Virus Covid-19 dengan mengedepankan disiplin serta mematuhi protokol kesehatan, ” Terangnya

Komentar

Komentar Anda

Tentang seruni cyber 13296 Articles
Portal Berita Nasional, Jagonya Pemberitaan !!! Nusantara | Peristiwa | Lifestyle | E-tainment | Sport | Artikel | Video